Rabu, 14 November 2012


Diskusi 1
·         Apa itu data...??
Data merupakan bagian dari informasi yang belum diolah dan belum memiliki guna baik berupa tulisan, rekaman audio maupun visual sehingga belum dapat dikatakan sebagai informasi <-----menrurut saya.
data adalah bahan baku informasi, didefinisikan sebagai kelompok simbol-simbol yang mewakili fakta, kejadian, tindakan, benda, dan sebagainya <----- kesimpulan data menurut dosen
·         Apa itu informasi....??
Informasi merupakan kumpulan beberapa data yang telah diolah dan memiliki  nilai guna bagi yang membutuhkan informasi tersebut <----- menurut saya.
Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan <---- kesimpulan menurut dosen.
·         Perbedaan data dengan informasi....??
Perbedaan data dan informasi yaitu data masih bersifat “bahan mentah” yang belum diolah sehingga belum memiliki nilai guna sedangkan informasi itu sendiri merupakan kumpulan data yang telah diolah sehingga telah memiliki nilai guna bagi yang membutuhkan informasi tersebut.

·         nilai informasi....??
sebuah informasi dapat dikatakan bernilai jika memiliki manfaat lebih besar dari pada biaya yang  dikeluarkan untuk mendapatkkan informasi tersebut jika tidak demikian maka informasi tersebut tidak efisien. Tapi sebagian informasi dapat dinilai dari tingkat ke-efektivitasnya bukan dengan efisiensinya.
·         Kualitas informasi....??
Ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas informasi antara lain
1.       Informasi itu harus relevan <--- artinya informasi tersebut harus memiliki ilai guna bagi yang membutuhkan informasi tersebut jika tidak maka informasi itu tidak berguna bagi yang mencari informasi.
2.       Harus akurat <--- artinya informasi harus lengkap dan tepat sesuai dengan keinginan pemakai informasi.
3.       Tepat waktu <--- artinya informasi harus ke pemakai informasi dalam waktu cepat.
4.       Update <--- artinya sebuah informasi harus selalu diperbaharui sehingga dapat digunakan  untuk waktu yang lama.
5.       Dapat dipercaya <--- artinya sumber informasi tersebut haruslah terpercaya dan dapat dibuktikan kebenarannya sehingga tidak merugikan pemakai informasi.
6.       Efisien <--- artinya biaya yang dikeluarkan untuk sebuah informasi harus lebih kecil dari pada manfaat yang didapatkan dari informasi tersebut.’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar